937 Mahasiswa Universitas Ekasakti Padang Wisuda

Rektor: Titik Awal dari Perjalanan Baru

Sebanyak 937 mahasiswa Universitas Ekasakti (Unes) ke-58 dan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) ke-67 menjalani wisuda yang berlangsung khidmat di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu (25/11/2023).

937 orang lulusan ini terdiri dari, Fakultas Hukum S2 53 dan S1 sebanyak 239 orang. Dari Fakultas Ekonomi sebanyak 179 orang, D III Manajemen dan Informatika 40 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 146 orang.

Selanjutnya dari Fakultas Pertanian 81 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 116 orang, Fakultas Sastra 11 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 34 orang dan dari AAI 31 orang.

Dalam kata sambutan, Rektor Universitas Ekasakti Padang, Prof Sufyarma Marsidin menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi yang tinggi atas lulusan wisudawan/wisudawati.

“Hari ini adalah titik awal dari perjalanan baru yang akan membawa saudara ke berbagai lapisan masyarakat, baik sebagai pemimpin, pekerja, atau individu yang berkontribusi pada perubahan positif,” katanya.

Dikatakannya, pendidikan tinggi adalah tonggak dalam pembangunan individu dan masyarakat. Di Universitas ini, kata Sufyarma, saudara telah memperoleh pengetahuan, sikap, keterampilan, dan pengalaman yang akan menjadi bekal berharga.

“Saudara telah belajar untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan mencari solusi atas tantangan yang kompleks secara komprehensif. Semua ini adalah modal utama yang akan dibawa dalam setiap langkah saudara di masa depan,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan tidak hanya menggali ilmu pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak yang mulia. Selama belajar di kampus saudara telah membangun nilai-nilai moral, etika, serta pengetahuan dan keterampilan yang akan membimbing dalam menghadapi berbagai situasi di kehidupan nanti.

“Ingatlah bahwa sebagai lulusan universitas ini, saudara adalah duta universitas dan memiliki tanggung jawab untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik dan teruslah berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sufyarma mengaku bahwa Unes Padang ini tengah menjalankan salah satu program yakni Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja yang relevan sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal serta untuk melakukan pernyataan dengan kualifikasi tertentu.

Proses RPL dapat diimplementasikan pada sektor pendidikan dan dunia kerja. Untuk itu, implementasi RPL pada jalur pendidikan dan dunia kerja didasarkan pada penyetaraan kualifikasi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Proses dan mekanisme pelaksanaan RPL tersebut harus didasarkan pada KKNI dan harus dilakukan oleh badan atau institusi yang berkepentingan secara bertanggung jawab, berlandaskan aturan yang bersifat transparan, rasional, objektif dan akuntabel.

“Inti program RPL mencakup aspek peningkatan mutu SDM nasional agar tujuan untuk menjembatani membangun kesetaraan antara kepentingan penghasil dan pengguna tenaga kerja tetap dapat tercapai. Maka, penyusunan kebijakan dan aturan nasional RPL ini sangat perlu memperhatikan nilai-nilai kompetensi yang professional,” pungkasnya.

Sementara Ketua Pembina YPTP, Prof. Dr. Andi Suryaman Mustari Pide juga mengucapkan syukur dan mengucapkan selamat atas pencapaian baru gelar akademik yang tersemat di nama indah para wisudawan/wisudawati hari ini.

“Selamat atas segala perjuangan yang telah dilalui hingga bisa sampai pada titik ini. Seandainya dalam perjalanan tersebut ada hal yang tidak mudah, namun hari ini bukti bahwa hal yang tidak mudah bukan berarti sebuah kemustahilan dalam hidup,” katanya.

Ia berpesan kepada Wisudawan/i untuk berterimakasih kepada orang tua, keluarga, dan juga kepada diri sendiri atas perjalanan, pengalaman, dan segala bentuk tempaan hidup yang para wisudawan/i telah lalui.

‘”Semoga semua nilai yang telah terpatri dan menjelma menjadi budi pekerti, adab, dan moralitas bisa bersinergi dengan semua hal yang kampus berikan selama ini,” jelasnya.

Selain rasa Syukur, tentunya juga turut serta rasa bangga sebagai bentuk apresiasi bagi kita semua yang ada di sini, dimana kampus tercinta ini kembali mencatat sejarah lahirnya generasi handal yang siap bersaing secara professional dengan tanggung jawab moral sebagai manusia intelektual, berkarakter, dan tentunya berakhlak mulia.

Pada kesempatan yang berharga ini pula, apresiasi dan penghargaan tak lupa dipembahkan kepada seluruh pengemban amanah di lingkup Universitas Eka Sakti Padang, Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan jajarannya.

“Dalam hidup ini, ada sebuah nyala yang tak boleh padam, ia adalah api semangat. Ada sebuah Cahaya yang tak boleh redup, ia adalah cahaya harapan. Nyalakan semangat itu, terangi segala jalan untuk sampai pada tujuan bersama,” pungkasnya. (Bul)

-Source infosumbar

Related Posts

Leave a Reply

Home
Berita
Event
Pendaftaran
Hubungi
Tentang